Happy 16th Anniversary, iPod!

o-ORIGINAL-IPOD-facebook.jpg

Pada tanggal 23 oktober 2001 (Pacific Time Zone) iPod pertama kali diperkenalkan oleh Steve Jobs di acara Apple Town Hall di Cupertino, videonya bisa dilihat disini:

Sebenernya apa yang spesial dari iPod? 

Buat gue yang mengalami masa SMA circa 2002 sampai 2005-an, iPod lumayan banyak mengambil peran. Pertama kali gue bersinggungan secara langsung dengan iPod adalah pinjem punya temen SMA, masih inget banget yaitu iPod Mini warna biru dengan layar monochrome-nya. Disitu gue cukup terpukau dan terkesima dengan clickwheel yang bisa bisa scrolling dengan cara yang unik. Dan semenjak itu gue pun bercita-cita untuk punya iPod dan baru terkabulkan di awal kuliah untuk punya iPod yaitu iPod Photo 20 GB. Sejak saat itu iPod nyaris gak pernah lepas dari genggaman. 

kenapa pilih iPod? 

Braun-T3-iPod.jpg

Well, faktor utama buat gue yaitu desain. dengan desain produknya yang khas dan Clickwheel yang lain daripada yang lain membuat iPod memiliki desain yang sangat ikonik dan modern, tapi juga sekaligus klasik. Desain iPod mengingatkan kita dengan produk-produk dari Braun karya Dieter Rams, salah satu desainer produk favorit gue. Gak heran karena Steve Jobs (Chief Excecutive Officer Apple) dan Johny Ive (Chief Design Officer Apple) memang sangat mengagumi dan ter-influence dengan Dieter Rams yang terkenal dengan 10 Principles for Good design:

dieter_rams_english_ten_principles__1600px.jpg

Steve Jobs sebagai CEO Apple juga memiliki beberapa key principles. dua diantaranya adalah “Focus on simplicity. Simple can be harder than complex: you have to work hard to get your thinking clean to make it simple.” dan “Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works.” Dua key principle ini diterapkan dengan cukup baik oleh Johny Ive di desain line-up iPod yang dirilis dari awal hingga akhir masa jayanya.

Screen Shot 2017-10-25 at 4.41.21 PM.png

So far yang gue inget gue pernah beberapa kali punya iPod. dari iPod Photo 20 GB, iPod Video 5.5 gen, iPod Nano 2nd gen, 3rd gen, 4th gen (Nanochromatic), 6th gen, ipod Shuffle 2nd gen dan iPod Touch 4th gen. paling lama dan paling berkesan make iPod Nano 4th gen karena bentuknya paling gue suka.

IMG_1567.jpg

Tapi masih ada satu iPod yang gue pengen untuk koleksi yaitu iPod Video U2 special edition kaya gambar di atas. yang masih punya dan berminat jual mungkin bisa DM gue yah :D

Terus di tahun 2017 ini, gimana nasib iPod?

Sebuah produk yang sukses pasti memiliki product lifecycle. yang dibagi ke 4 kategori yaitu

  • Introduction: masa dimana suatu produk baru memasuki pasar.
  • Growth: Masa dimana consumer mulai mengenal dan membeli produk tersebut.
  • Maturity: Produk sudah dikenal luas dan penjualan mulai stabil
  • Decline: Masa dimana produk menjadi Obsolete dan digantikan produk lain yang lebih baik.

Tahun 2017 dimana iPod sudah berumur 16 Tahun. Tentu saja iPod sudah memasuki tahap ke-4 yaitu Decline. Dimana iPod sudah menjadi produk yang obsolete atau “basi” karena di era sekarang kita (atau gue pribadi) udah tidak perlu stand-alone MP3 player dengan storage ratusan GB semenjak Streaming music service seperti Spotify sudah cukup umum dan menguasai pasar. Dan iPod juga sudah digantikan dengan produk baru yang lebih baik dan canggih yaitu iPhone. Apple sendiri sudah men-stop produksi dan penjualan iPod Shuffle, iPod Nano dan iPod Classic secara resmi. Menyisakan iPod Touch sebagai satu-satunya lini iPod yang tersisa.

Biarpun sekarang frekuensi gue untuk mendengarkan musik pun sudah tidak seperti dulu lagi, tapi terkadang suka kangen di masa-masa dengerin musik all-day long tanpa gangguan. Gak seperti sekarang yang terlalu banyak distraksi dari sosial media, chat ataupun notifikasi-notifikasi lain di smartphone. gue menggunakan iPod hanya untuk musik, titik. Dan iPod dengan segala kelebihan dan kekurangannya buat gue tetap menjadi salah satu gadget terfavorit yang pernah gue punya.

Happy 16th Anniversary, iPod!